goosted

Pilih menjadi blogger atau internet marketer

Makin hari makin banyak blogger bermunculan di jagad maya ini. Ada yang sekedar iseng ada juga yang serius menekuni sebagai profesi untuk mencari uang dari blog yaitu Fulltime blogger yang kerjaannya diem di rumah terus.

Melihat fenomena di Atas. Maka saya akan membahas antar Blogger dan internet marketing menurut kacamata saya sendiri (saya nggak pake  kacamata, wew).

Blogger itu adalah orang yang menulis dan memposting tulisannya di Internet melalui sebuah website pribadi atau CMS (Content Management System) misalnya Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal dan Sebagainya. Sebenarnya Blog itu adalah kependekan dari Website Log. Yang mana website log ini biasanya di miliki oleh personal atau kelompok dan bukan perusahaan. Log itu lebih spesifik lagi bisa diartikan catatan atau kejadian.

Pilih menjadi blogger atau internet marketer
Internet marketer adalah orang yang tujuannya bisnis atau menghasilkan uang dengan menggunakan fasilitas internet. Bisa melalui jualan online di toko online, market place, sosial media, Youtube atau juga website / blog pribadi. Tujuannya sudah jelas yaitu mendapatkan profit atau keuntungan.

Untuk menjadi Internet marketer tentu banyak hal yang harus dilakukan lebih daripada menjadi seorang Blogger. Tulisan harus menarik konsumen atau pengunjung, harus memiliki skill, dan tentunya konten web pun lebih baik di buat spesifik agar lebih menarik dan terkonsep dengan baik dan rapi.

Lalu, lebih baik jadi Blogger atau Internet marketer?

Kalau menurut saya, lebih baik jadi Blogger yang biasa saja dulu sambil belajar Internet marketer. Nanti rasakan setelah 6 bulan. Apakah anda suka ngeblog itu karena menulis, karena nge-desain thema blog, atau suka marketing. Saya suka ngeblog itu karena suka mendesain thema. Kalu menulis nya kurang. Kalu marketing bisa cuman marketing lewat omongan langsung. Kalau marketing lewat tulisan mah nggak terlalu bisa karena nggak suka nulis. Maklum waktu dulu pun ketika masih sekolah, saya jarang nulis saat belajar. Paling teman saya yang nulis kemudian saya fotokopi. Jhahahaha...

Ciri ciri dan identitas blog jika di lihat dari tulisannya. Jika tulisan blog nya banyak yang komersil maka kemungkinan dia tuh seorang Internet marketer, jika blog nya hanya sebatas opini atau curhat mungkin dia hanya seorang blogger. Kalau tulisannya campur aduk, yang komersil ada yang opini ada. Mungkin dia Blogger idealis, terserah mau nulis apa juga.

Tapi ingat, jadi blogger itu nggak pernah bakal ada kata gagal. Kenapa?

Kan alasannya tidak punya target untuk ngejar apapun. Tapi tau tau ada yang ngajak kerjasama, ada yang ngajak bekerja di perusahaan yang bonafit dengan karir yang menunjang kebutuhan hidup.

Berbeda dengan internet marketer, namanya juga bisnis pasti bakal ada yang namanya untung dan rugi. Jadi itu tergantung niat masing-masing. Mau jadi blogger atau jadi internet marketer?

Perlu dicatat ya. Bedanya blogger dan internet marketer itu yaitu, kalau blogger itu menulis apa yang mau dia tulis. Kalau internet marketer adalah menulis apa yang orang lain cari. Jadi jika orientasi nya bisnis atau uang maka tulislah apa yang banyak dicari orang. Kalau masih suka curhat di blog mah ya lebih baik jadi Blogger biasa saja lah. Yang penting bisa bermanfaat dan dikenal orang. Sehingga kita di akui bahwa kita pernah hidup di dunia ini.

Sekian dan hormat dari saya.



Source image : pixabay.com
loading...

Form Komentar
Gunakan bahasa Indonesia yang baik ketika berkomentar. Dilarang keras berkomentar mengandung kata pornografi, sara, politik, jualan atau promosi, ujaran kebencian, adu domba dan menyudutkan pihak tertentu. Bijaksanalah dalam memberi komentar. Terima kasih.

Posting Komentar